Menjaga Pergaulan Tips Memilih Teman

on May 1, 2011 in Remaja Dan Kriminalitas

Setiap orang tentu memiliki teman. Perbedaannya ada orang yang banyak memiliki teman dan ada pulang yang memiliki teman dalam jumlah sedikit.

Berteman adalah sifat dasar dari manusia. Sejak dilahirkan, seorang manusia sudah membutuhkan hubungan dekat orang lain. Teman adalah tempat untuk kita dalam mengungkapkan keluh kesah, berbagi kebahagiaan, dan menguatkan kita di saat kita dihadang masalah.

Dalam berteman pun kita harus bisa memilih dengan bijak. Hal ini penting untuk menjaga pergaulan. Karena karakter teman akan menjadi cerminan dari sifat kita. Jika kita berteman dengan orang yang baik kita akan terbawa menjadi orang baik, begitu pun sebaliknya jika kita berteman dengan orang yang jahat kita akan terbawa menjadi jahat pula.

Teman yang baik dan buruk ibaratnya seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Penjual minyak wangi tentu akan memberikan hadiah minyak wangi kepada Anda, atau Anda dapat membeli minyak wangi yang dijualnya, atau setidaknya Anda akan tertular bau wangi dari produk yang dia jual. Sedangkan bersama pandai besi, Anda bisa terbakar oleh apinya, atau setidaknya Anda akan terkena bau hangus.

Memilih teman sama halnya dengan memilih masa depan. Memilih teman adalah memilih perilaku, memilih kualitas ilmu. Maka, jika Anda ingin memiliki masa depan cerah, perilakunya terpuji, serta memiliki wawasan luas, maka Anda harus pandai dalam memilih teman. Berikut tips dalam memilih teman:

  • Pertama, jangan terlalu berhubungan dengan orang yang bodoh, ini akan membuat waktu Anda terbuang percuma. Hal ini akan membuat produktivitas Anda berkurang. Bahkan ada pepatah arab yang sedikit keras mengatakan ”Tarkul jawabi alal jahili jawabun” yang berarti, jawaban yang paling tepat untuk orang bodoh adalah diam.
  • Kedua, Jauhi orang yang pelit. Orang yang pelit akan berpikir 1000 kali untuk memberikan bantuan pada Anda. Tidak hanya materi, dia juga akan malas untuk memberikan bantuan berupa tenaga dan pikiran.
  • Ketiga, jauhi orang yang suka berbuat dosa dan kriminal. Berteman dengan orang seperti ini justru akan menjerumuskan Anda ke dalam masalah. Sebelum hal tersebut terjadi sebaiknya Anda menghindar.
  • Terakhir, berteman jangan hanya demi ketenaran. Saat ini berkembang istilah abg gaul. Abg gaul identik dengan anak yang senang bergaul dan ugal-ugalan. Sebaiknya anda menjaga pergaulan dari hal seperti ini.

Pencarian Terpopuler:

kriminalitas remaja, cara memilih teman yang baik, kriminalitas, pergaulan, tips memilih teman, pemicu pemakaian narkoba, tips memilih teman yang baik, masalah remaja, gambar kriminalitas, cara memilih pergaulan yang baik.

Leave a Reply