Pentingnya Belajar Berorganisasi

on March 2, 2011 in Remaja Dan Organisasi

Sekolah merupakan tempat belajar. Selain belajar di kelas, belajar di luar kelas juga tidak kalah pentingnya. Organisasi sekolah merupakan media belajar yang baik di luar kelas. Banyak organisasi sekolah seperti Intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler adalah OSIS, sementara ekstrakurikuler adalah Teater, PMI, Pramuka, Klub Bahasa Inggris, Kelompok Sains, dan lain sebagainya. Semuanya memiliki manfaat bagi kamu, tinggal pilih organisasi mana yang paling sesuai dengan minat dan bakat yang kamu punya.

Berikut beberapa alasan pentingnya belajar berorganisasi:

  1. Melatih Kamu Bersosialisasi. Organisasi membuat kamu ga kuper. Kamu akan terlatih untuk berinteraksi dengan berbagai macam orang. Dan hal ini sangat berguna buat kamu setelah terjun di dunia kerja. Contoh organisasi yang baik untuk bersosialisasi yaitu OSIS, organisasi intra ini membuat kamu dekat dengan siswa lain sekaligus dengan banyak guru.
  2. Memberikan Pelajaran untuk meyakinkan orang lain. Belajar berorganisasi melatih kamu agar dapat melobi atau membuat proposal yang meyakinkan untuk diakui dan diterima orang lain. Demikian pula ketika terjun ke dunia nyata kelak, untuk memperoleh satu proyek besar, kamu harus bisa mengajukan lobi yang menyakinkan untuk menang.
  3. Merangsang Kreativitas. Manfaat berorganisasi yang paling terasa adalah kamu akan terlatih untuk menjadi pribadi yang kreatif, selalu memiliki ide-ide, dan terangsang untuk berpikir di luar kerangka yang baku.
  4. Membuat kamu menjadi pribadi yang menarik. Kalau kamu aktif di OSIS, setiap mata akan tertuju pada kamu. Kamu akan jadi idola dan terkenal di kalangan teman-teman sekolah. Karena itu melatih kamu untuk selalu tampil menawan dan menarik hati.
  5. Mengajarkan kerja keras, tanggung jawab, pantang menyerah dan tidak suka berpangku tangan. Manfaat berorganisasi yang paling dirasakan adalah kamu akan menjadi pribadi yang optimis, penuh tanggung jawab, tidak mudah menyerah, dan tekun. Seandainya kamu ditunjuk sebagai ketua panitia sebuah kegiatan, tentu kamu harus menyelesaikannya karena ada laporan pertanggungjawaban yang harus dibuat kemudian.

Pencarian Terpopuler:

pentingnya berorganisasi, manfaat berorganisasi, belajar berorganisasi, pentingnya organisasi di kampus, manfaat berorganisasi di sekolah, manfaat berorganisasi bagi siswa, makalah pentingnya berorganisasi, pentingnya organisasi, organisasi di dunia kampus, pentingnya belajar berorganisasi.

Leave a Reply