Fungsi Guru BP

on February 3, 2011 in Remaja Dan Prestasi

Guru BP adalah seorang guru yang tugasnya membantu siswa bermasalah, sehingga masalah tersebut tidak berpengaruh pada prestasi belajar. Dengan ilmu dan keterampilan yang dimiliki berusaha mengatasi permasalahan siswa tanpa menimbulkan permasalahan baru, maka kedewasaan, kearifan, kebijaksanaan dan tabiat pribadi guru BP haruslah prima, sehingga dapat memisahkan permasalahan dirinya agar tidak berpengaruh dalam penanganan permasalahan siswa.

Berbagai kenakalan remaja biasanya dipengaruhi oleh kondisi keluarga, masyarakat dan sekolah. Dengan demikian guru BP wawasan tentang kondisi keluarga pada umumnya dan masyarakat maupun sekolah yang bersangkutan haruslah dikuasai, sehingga ilmu yang didapat di lembaga pendidikan yang dikuasai akan dapat digunakan secara maksimal dalam penanganan permasalahan siswa.

Fenomena yang berkaitan dengan kenakalan remaja saat ini diantaranya emosional kelompok yang perwujudannya seperti tawuran, geng motor. Apabila ditemui hal demikian tentunya guru BP akan menggunakan metode bimbingan kelompok (group work), sehingga penanganannya mengacu pada kemungkinan-kemungkinan yang ditimbulkan oleh remaja yang mulai berkumpul dan tidak mempunyai kegiatan yang jelas, maka guru BP akan mencegah sebelum kelompok tersebut berbuat keonaran atau perbuatan negatif yang menggangu ketertiban umum.

Apabila dia temui setelah kelompok berbuat yang kurang baik, guru BP akan menanganinya dengan meminimalisasi akibat dari hukuman yang mesti diberikan kepada siswa tersebut. Dalam hal ini seorang guru BP dituntut untuk dapat berperan sebagai teman, orangtua dan petugas yang dapat menerapkan kedisiplinan sesuai aturan yang berlaku.

Permasalahan yang ditimbulkan oleh remaja biasanya sebagai manifestasi kesenjangan antara keinginan mencapai sesuatu yang berlebihan dengan kenyataan yang ada. Sehingga guru BP dituntut untuk mengurainya sehingga tahu akar permasalahannya baik secara kelompok maupun individu. Dan untuk individu biasanya digunakan pendekatan dengan bimbingan perorangan (case work), akan terjadilah komunikasi yang harmonis, antara siswa dan guru BP.

Peran kepala sekolah dalam menangani permasalahan siswa tentunya mendelegalisasi kepada guru BP dan memfasilitasi segala sesuatu yang diperlukan. Dalam menangani kenakalan remaja, keputusan akhir ada dalam kewenangan kepala sekolah untuk menentukan siswa masih bisa dibina atau tidak, dari pada merusak yang lain.


Pencarian Terpopuler:

Guru BP, tugas guru bp, fungsi guru bp, peran guru dalam mengatasi kenakalan remaja, blangko masalah guru bp, kepanjangan guru bp, singkatan bp dalam sekolah.

Leave a Reply