Menghilangkan Iri Hati

on December 9, 2010 in BeriTa Utama

Hampir setiap orang pernah merasakan iri hati yang sangat tidak mengenakkan. Yang dimaksud dengan iri hati adalah menginginkan anugerah yang ada pada orang lain, baik disertai dengan keinginan supaya anugerah tersebut hilang dari orang yang dimaksud ataupun tidak. Iri hati merupakan penyakit yang bisa menimpa siapa saja terutama orang yang balum sempurna akalnya, misalnya anak remaja.

Kadang orang tidak tahu mengapa tiba-tiba di hatinya ada rasa iri pada teman atau saudara sendiri. Iri biasanya terjadi karena orang lain memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan dirinya baik yang berkaitan dengan hartanya, kecantikannya, kepintarannya, kedudukannya, dan apa saja bisa menjadi sebab munculnya rasa iri.

Siapa pun akan merasa tersiksa bila di hatinya ada rasa iri, dia tidak senang dengan anugerah yang diperoleh orang lain dan dia sendiri tidak mampu untuk mendapatkannya. Bahkan yang lebih parah lagi, ada orang yang iri rela menderita asal anugerah yang didapat orang lain hilang. Ini merupakan tabiat yang sangat buruk dan akan merugikan diri sendiri. Memang iri hati datangnya tiba-tiba dan tak dapat dibendung, namun orang yang baik akan berusaha menghilangkan rasa itu sebisa mungkin dan tidak menampakkannya. Ada beberapa cara untuk mengatasi iri:

  • Yang pertama menerima dengan ikhlas semua ketentuan yang Dia tetapkan bagi tiap makhluk baik sedikit ataupun banyak. Yang Maha Kuasa tidak akan salah dalam memberi, maka tidak ada alasan untuk iri pada orang lain. Ada yang diberi banyak dan ada yang sedikit. Tidak ada satupun cara yang bisa dilakukan untuk merebut anugerah tersebut dari orang lain.
  • Berdoa kepada Yang Maha Kuasa supaya dihilangkan rasa iri di dalam hatinya.
  • Menumbuhkan rasa syukur atas nikmat yang Dia berikan dengan cara melihat keadaan orang di bawahnya, bukan melihat orang yang ada di atasnya dalam hal kekayaan, kecantikan, dan sebagainya.
  • Ketika muncul rasa itu segera dihilangkan dengan cara menyadarkan diri bahwa orang yang mendapat nikmat tersebut adalah saudaranya, jadi hanya kebaikan yang diharapkan untuk saudaranya.
  • Mengucapkan selamat pada teman atau saudara yang mendapat kebaikan, ini sangat efektif untuk menghilangkan iri hati.
  • Mendengarkan kata hati untuk terus menyibukkan diri dalam memperbaiki diri.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi bila iri muncul di hati. Kekayaan sebenarnya adalah kaya hati yaitu merasa cukup atas semua pemberian Ilahi dan tidak menginginkan apa yang ada pada orang lain kecuali iri karena ilmu atau kebaikan seseorang yang membuat kita ingin mencontohnya.


Pencarian Terpopuler:

iri hati, cara mengatasi iri hati, menghilangkan rasa iri, cara menghilangkan rasa iri hati, mengatasi iri hati, menghilangkan iri hati, cara menghilangkan iri hati, mengatasi rasa iri hati, cara menghilangkan rasa shoudon iri, Cara menghilangkan rasa iri atas kecantikan orang lain.

Leave a Reply