Mata Kuliah Psikologi

on May 16, 2009 in Program Studi Kuliah

psychologyPsikologi itu adalah bidang studi yang mempelajari tentang perilaku dan jiwa seseorang seperti sikap, perilaku, sifat, kemampuan berpikir, kemampuan bertindak dan hal-hal lain yang mempengaruhi kehidupan manusia secara umum, sehingga dapat menjelaskannya secara ilmiah tanpa didasari perkiraan dan intuisi.

Harap dibedain antara Psikolog dan Psikiater. Psikiater lebih berkaitan dengan kondisi kejiwaan, dan merupakan bagian dari dunia medis. Di jurusan Psikologi kamu akan belajar mengenai perilaku dan diri manusia, dengan memahami diri sendiri dan orang lain.
Sedangkan bidangnya antara lain :

  1. Psikologi Eksperimental,
  2. Psikologi Biologikal,
  3. Psikologi Perkembangan, sosial dan kepribadian,
  4. Psikologi Klinis dan Konseling,
  5. Psikologi pendidikan dan sekolah, dan
  6. Psikologi industri dan rekayasa.

Kemampuan penunjang yang kamu butuhkan adalah kemampuan berkomunikasi, memiliki perasaan yang peka dan berempati, telit dan suka meneliti, memiliki kemampuan menulis, melogika dan menganalisa, serta berpikir, beritindak rasional dan berbahasa.

Karir yang akan kamu miliki jika lulus dari Jurusan Psikologi adalah : menjadi psikolog akademis yang dapat mengajar atau konselor bagi guru dan siswa, menjadi psikolog di biro konsultasi, melayani psikoterapi kesehatan terutama kesehatan jiwa di bidang medis, sebagai pegawai departemen Sumber Daya Manusia di perusahaam atau memasuki instansi pemerintah, militer dan sebagainya sebagai seorang psikolog.

Jurusan PSikologi biasanya ada di universitas-universitas besar yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia baik negeri dan Swasta seperti Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga, Universitas Trisakti, universitas Kristen Petra dan lain-lain.


Pencarian Terpopuler:

mata kuliah psikologi, kuliah psikologi, kuliah jurusan psikolog, kuliah jurusan psikologi, Mata kuliah jurusan psikologi, Kuliah psikolog, jurusan kuliah psikologi, materi fakultas psikologi, materi jurusan psikologi, mata kuliah psikolog.

18 Responses to “Mata Kuliah Psikologi”

  1. Andre simanjuntak says:

    hey semua,,,gw mahasiswa psikologi di Univ.Atmajaya…
    sekedar info juga,,,di Atmajaya juga ad S1 Psikologinya…

    thanx buat post ini..karena bisa membuat orang menyadari perbedaan antara psikolog n psikiater…

    o ya,,trus tambahan,,kalo kita lulus S1 Psikologi,bukan berarti kita langsung jd psikolog..kita hanyalah Sarjana Psikologi…
    untuk menjadi psikolog haruslah menjalani S2 Psikologi dan mengambil pengkhususan…kurang lebih sama seperti kedokteran lah…
    jadi buat teman2 yang mengira akan langsung jd psikolog setelah lulus S1, maaf banget,,,

    trus di psikologi juga diajarkan tentang kejiwaan..terutama dalam psikologi klinis…jadi kalo teman2 ingin belajar tentang jiwa, tapi tidak sanggup untuk mengambil psikiater (yang merupakan lanjutan cabang dr kedokteran) bisa jg ambil psikologi…

  2. akmal says:

    minta infonya dong, apa ada beasiswa kuliah psikologi ???

  3. riyan nurokhim says:

    asslm
    tolong dong kirim info- info beasiswa kuliah mata diklat psikolog????????????

  4. Ika vhido says:

    .iia benar,
    .sy jg mau tau info beasiswa kuliah d’bdg psikology nee…
    .thx

  5. gigiew says:

    kalo S1 psikologi apa sudah bisa bekerja ? sperti yg td anda sebutkan atau perlu S2 dulu ???

  6. dhini says:

    jdi tertrik nih ama psikologi..
    boleh tau nggak nih perbedaan dri bidang2 psikologi di atas.?|

  7. Linda Puri S says:

    Tp terjaminkah stelah lulus S1 kmudian mngmbil S2 mnjdi seorang psikolog.
    Terimaksh.

  8. resi marsella says:

    aq pgn kuliah msk psikolog nich,,,
    tpi kga tau mau di universitas mana,,

  9. novi pujiyanti says:

    saya orang bandung . . . pgn tau apa ada beasiswa kuliah psikologi???

  10. sisca says:

    kalo mau cari beasiswa ada nih webnya ubaya tp di surabaya.. beasiswanya banyak jadi kamu bisa milih mau dapet beasiswa yang mana.. ^^

  11. nita herliani says:

    saya siswi klas 3 ipa, saya punya keinginan buat kuliah jurusan psikologi, cuma saya msih takut apa saya bsa msuk atau nga, nah pngen tahu dong apa aja sih kriteria biar kta bsa msuk jurusan psikologi. Rencananya sih ikut jalur snmptn yang undangan.
    mohon bntuannya yah??

  12. nova says:

    kalau psikolog da itung itunganya gagh ?
    makasih

  13. Bunga says:

    Mengapa yang dahulu mengambil jurusan psikologi ketika bekerja sebagai guru identik menjadi guru bahasa inggris/matematika?

  14. arief says:

    sekedar sran bgi yang ingin msuk psikologi, psikologi adlh ilmu yang mulia krna qt akn bs mmbntu orng laen.tp kthuilah sblum jd seorng psikolg, anda hrus bljr tntng dri anda terlbih dhulu. untuk urusn pkrjaan, semua y sudah di tutukn yg d ats, tinggal qt yang mnjlani ja n dlm psikologi smstr prtma byasa y lum da htung2n. trima kasih

  15. ari cahyo wardana saputro
    mempawah
    10 04 1987

  16. shanti says:

    aku juga mau ambil fak. psikologi nii di kampus universitas bhayangkara jakarta.

  17. iamh says:

    aq pngen mssuk ke fakultas psikologi ..
    tpi ..
    aq msih bngung ..
    sbenarnya di psikologi apa yg qta pelajari ??
    apa bnyak praktek n bkin Lporan ??
    trus peluang kerjanya sperti apah ??

    mohon di jawab ..

    sangat butuh saran …

  18. rahmi oktavia says:

    saya sekolah d smk jurusan pemasran ,apakah bisa saya massuk d jurusan psikologi, ?
    tolong saran nya ?

Leave a Reply