Pergaulan Remaja

on January 15, 2008 in Cinta Dan Remaja

Banyak yang bilang bila pergaulan remaja saat ini sudah sangat jauh berubah dibanding pada masa-masa sepuluh tahun silam. Remaja sekarang lebih mampu berekspresi pada emosi dan mengungkapkan perasaan tanpa sembunyi-sembunyi dan malu seperti dulu.

Sudah lumrah saat ini kita melihat remaja mengungkapkan kemarahan, sedih dan kegembiraanya dengan kata-kata yang terucap secara langsung, Teman Baiktanpa basa-basi seperti halnya remaja pada zaman dahulu. Dengan santai mereka bisa mengungkapkan ketidak sukaanya pada ayah atau pun ibunya.

Merangkul dan mencium mesra ibu mereka tercinta. Perilaku ini pun diterapkan pada pergaulan mereka sehari-hari. Dengan biasa mereka mengexpresikan perasaan cinta dan sayang pada pacar mereka di tempat-tempat umum. Sudah umum dilihat saat ini bila di mall-mall para remaja biasa bergandengan tangan, berpelukan bahkan berciuman.

Buat para orang tua, perilaku seperti ini sangat mengejutkan dan membuat mereka merasa kuatir. Namun, seringkali para orang tua lupa, bahwa saat mereka remaja, perilaku mereka pun sering membuat kecut hati para orang tua mereka sendiri!

Namun, apabila orang tua terlalu keras akibat perasaan kuatir yang mereka miliki, maka remaja akan cenderung memberontak dan bersikap jauh lebih keras dan pertikaian antara orang tua dan anak pun tidak dapat lagi dihindari.

Remaja bergaul memang adalah sebuah kebutuhan. Sama halnya dengan dahaga yang ingin terpuaskan. Mereka ingin mengenal banyak orang dari berbagai lingkungan. Ini sebetulnya tidak terlepas dari proses pencarian jati diri semata. Dengan membebaskan perasaan dan isi hati, mereka juga mengharapkan kebebasan dan ketenangan jiwa. Bila dikekang, mereka nampak begitu sedih dan terkekang.

Tapi bila pergaulan terlalu dibebaskan, juga sangat mengkuatirkan. Yang penting berkomunikasi dan terarah. Bilamana sang remaja masih mampu berkomunikasi dengan keluarga dan orang tua, maka bimbingan untuk pergaulan pun dapat tersampaikan. Informasi tentang apa yang sebaiknya mereka lakukan dengan teman-teman dan apa efek dari apa yang mere lalukan dan perbuat juga perlu dikomunikasikan.

Dengan demikian, besar harapan kita agar remaja mampu memilih apa yang baik dan tidak untuk dilakukan. Tidak ada kata benar atau salah, tapi lebih tepat kepada yang baik atau bermanfaat dan yang merugikan.


Pencarian Terpopuler:

pergaulan remaja, artikel pergaulan remaja, artikel tentang pergaulan remaja, pergaulan anak remaja, pergaulan remaja saat ini, pergaulan remaja zaman sekarang, pergaulan remaja sekarang, pergaulan anak muda, artikel pergaulan anak muda, pergaulan bebas remaja.

38 Responses to “Pergaulan Remaja”

  1. jeni says:

    hare gene… anak muda kagak gaul…??kelaut aje..

  2. saefuloh says:

    kyk’y msh da yg dlpkan, ingat wahai kawan kita hidup pny aturan, kita hdup da yg menghidupkan, kemblikan saja semua pada Allah Ta’ala pasti semua beres. jgn takut dikatakan gk gaul, tpi lebih takutlah dikatakan tak tahu agama, lebih takutlah dikatakan bukan sebagai muslim, ‘anak gaul’ bukanlah label yg membanggakan tpi lebih banggalah dikatakan sebagai ‘anak islam yg sholeh’ walaupun orang2 tdk mengakui’y. wallohu a’lam

  3. haryo says:

    :neutral: remaja masa puberitas harus berhati-hati dalam pergaulan dan diisi dengan hal-hal yang penuh prestasi

  4. d_aya says:

    huft………emng cie nag” ckarank pda aneh” beudh……….
    tapi menurut agqu p’gaulan remaja (eang gag bebas loch) mzie adh si” positive na ug!!!!!!!!!!!!! :smile:
    so jgnd anggap cmua eang b’bau bebas thu negative :wink:

  5. dche says:

    uUPpZ..Mng Ye..ZmaN sKrG Nak mUda pD ANeh,,v jGn MntNg_MntAng PrGaulan na bebaS,sEeNak na z bErgAuL yg gA_ga,hRuZ pOssItiVe Z dUeh pQraN na..

  6. dewi utari says:

    klo menurut gw pergaulan remaja saart ni emg udh klewat jauh,,
    bwt para remaja,bergaul itu boleh tp jng keterlaluan akh..
    positiv2 ja…jng yg aneh2…
    klo udh kejadian kan qta jg yg nyesel n rugi bkan org lain,,,dah gto ksian kn org tua mreka pzti kecewa bgt ma qta….
    so jdilah remaja2 yg berfikiran positiv kedepan bkan remaja yg hnya menyukai kesenangan sesaat.ok!!!!
    bwt pra ortu…
    remaja tuch jng tlalu di kekang…bebaskan mereka bergaul yg penting jng sampal kalian2 lengah dlm mengawasi mreka,,,
    thanks bwt pusat remaja krn gw dah bleh comment dsni

  7. siska says:

    mang sih, sulit mengontrol anak md skrg mo nya bebas but buat pr ortu kitae jug hrs bnyk bel dr anak kt min bel dunia die ok from ortu anak2

  8. wawi3 says:

    duuuuuuuuch… dasar truh anak mud kalo udah katanya A nesti A juga kaya yang dia pilih itu udah yang paling terbae aja buat dia…………. padahal kan kasian juga kalo dia sampe salah dalam mengambil langkah

  9. Bayoe says:

    waduh apaan tuch……………………?
    masa pergaulan ramaja kaya begitu?
    Mengada-ada banget sich>>>!!!!!!!!!!!!!! Perasaan pergaulan remaja jaman sekarang ndak kayak gitu dech!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Buat yang baca, jangan dipercaya yah!

  10. umay says:

    apaan ciiiiiiiiiiiiiiih

  11. dhezhen says:

    hidup ini cma sekali so, manfaatkan hidup ini dengan suatu hal yang bermanfaat key,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    masalah datang karena ada sebab akibat, so……………. tetap tersenym………………….

  12. Permata says:

    moga temen – temen sadar dan kembali kejalan yang benar

  13. dhezy says:

    masa sampe segituna sEeEeCCCCCHHHHHH?????????

  14. Liia EnduTz says:

    hufvt…
    emang susah kalau udah ngomongin pergaulan anak muda sekarang…

  15. cerita cinta dan kehidupan remaja says:

    setuju dengan epilognya..!
    masa remaja emang rawan…!
    so, pandaipandailah bergaul..! :lol:

  16. chee_la'z says:

    rmja,jman skrg gag pu.na malu untk mmamerkan kmsraan mreka d dpn umum,,, pdhl bkn mkhrim.na,,, so,, pra rmja ndeg indonsia khss.na,, jga image klian,,, bwtlh msa rmja muw sbgai msa yg klian impkan smpai esok kta tua…. bleh” z pcrn,, tp jga dri klian…!!!!! ogkeh???? :)
    ;D

  17. Christin Natal Palit says:

    Jdilah ank yang baik….

  18. asden bandung says:

    ngobras tentan kenakalan remaja di musim ini atawa musim ujung hidup bin akhir jaman mungin wajar para remaja udah kelewatan udah mabuk ga karukaruan, ngebokep gapandang bulu ambe ngpil jadi sego jangan ‘kata orang jawamah’ malah lupa ambe tujuan hidup. namanyajuga udah jaman ujung hidupt; semoga cepet kiamat kalo kaga gimana anak ambe cucu gw kalo hari ini kaya gini apalagi besok………….. he….he….e
    tapi kita usaha untuk sali ngingetin bahwa tugas kita semu di dunia ini bukan untuk oya oya ………… tapi untuk ngejalanin perintah Nya…………. ok

  19. jiEuNd says:

    jaman mag dh mOderN,
    PII,
    Pha PrLu budi daya tata krama bangsa timur qta b.ubh,,,,
    pRubhAn sAat neE mAg bAiik, , ,
    n t’gAntUnk bGaiMn mNyikapi’a. . .

    hdup hNya s.kalee,
    laQukn yG t’Bae,!!!!!!!

  20. prinzdie says:

    ya mungkin sebagian ada yg gtu tp ga smwnya ky gtu jga,…….

  21. sariii :)) says:

    klw menurut ak,,
    emank bner ank mudah jaman skrank sush d atur.. k mauan.a selaluu mw d turutii,, mrka gg prnah mw dgr kta orank tua lgii,,
    mrka gg pdulii dg orng tua lg,,
    tpii bwt ortu jgn pnh letih n jgn pnh putus assa,,,

    n bwt ank” remaja,,
    masa dpn uh masii pnjang ,, qt bkluum bza ngeliat msa dpn qt kea ap ntr,,

    jdii d masa remaja qt,, d umur qqt yk msh muda,, jgn pnh mencoba u/ merusak nma bae or harga dri sndrii,,,

    n jgn prnh lupha yh,,, dekatkn lakh diri pd tuhan…
    jd mencintai dunia sesaat !!! ok :) )

  22. [...] peRgauLan Remaja Posted on May 5, 2010 by violetgalz Pergaulan Remaja [...]

  23. amri says:

    hm..
    pergaulan remaja emang kompleks
    dimana masa pubertas itu masa peralihan dan banyak pilihan
    dimana dalam memilih pilihan itu remaja perlu didampingi orang tua agar tidak salah pilih
    tetapi terkadang banyak orang tua yang cenderung otoriter yang menyebabkan anak menjadi terkekang dan cenderung menjauh dari oratu yang sebenernya ber etikat baik..
    dan pada akhirnya malah anak muda lari ke hal hal yang cenderung membuat dia nyaman
    hal tersebut banyak terjadi
    so….
    dari saya
    buat anak remaja semua…
    omongin aja ke ortu kamu pengin kayak apa seh sebenernya dalam mengalami masa remaja kamu…
    ^_^
    trus buat para ortu
    kontrol perlu tapi jangan otoriter dan terus dipantau dan diawasi anak
    karena anak adalah titipan dari ALLAH SWT
    sejak dini ajari dengan pendidikan moral dan akhlak dengan metode yang sesuai dengan umurnya…
    ajari pula keindahan keindahan yang positif
    ^_^
    inti dari keduanya
    keterbukaan, saling tenggang rasa, dan komunikasi dua arah agar semuanya seperti apa yang diharapkan kedua belah pihak
    ^_^

  24. Yayang says:

    Menurut pendapat saya, pergaulan bebas remaja disebabkan oleh faktor internal dan eksternal.. faktor internal yaitu keluarga..orang tua harus menanamkan kecerdasan moral dengan pemahaman agama yang baik, menyampaikan batasan-batasan bergaul antara lawan jenis, dan pola komunikasi harus terjalin dengan baik..apabila orang tua tidak memberikan arahan yang baik seperti hal tersebut maka jangan heran jika anak remaja bertindak seenaknya…faktor eksternal yaitu faktor lingkungan dan teman sebaya…pengaruh teman sebaya sangat kuat dalam membentuk pribadi remaja..kenali teman-teman anak remaja anda dan tetap pantau anak remaja anda..berikan kebebasan yang terarah dan kebebasan yang bertanggung jawab pada remaja..jangan bebaskan anak remaja anda begitu saja..

  25. radend hary says:

    dunia sudah maju tp jgn biarkan nafsu yg maju.

  26. helen says:

    remaja di katakn gaul klo remaja itu dapat mengukir prestasi, bukan dengan melakukan hal negatif… dah gak jamannya lagi… buat hidup ini menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang di sekitar loe….

  27. ALI says:

    yang sudah dilupakan orang dinegeri ini ,ialah ahlak/etika/moral,: itulah yang menyebabkan remaja gak malu melakukan apasaja atas nama cinta/pergaulan, pejabat kita gak merasa dosa kalo korupsi,& orang gak merasa bersalah mencuri,mengemis buat cari kekayaan, trus apa yang didapat?, ..yaa..ancur bareng2 & kehinaan,….contohlah nabi yusuf yang lebih memilih dipenjara demi mempertahankan moralnya, daripada nurutin nafsu,…lihatlah apa yang dia dapat, kemuliaan ,pangkat, jabatan,&kecintaan dari Allah,keluarga ,Kekasih & semua orang,…ente mo ikut yang mana?

  28. minoelz says:

    ea begitulah pergaulan anak muda sekarang. q jadi ngeri ngeliatnya uga,, kpn ea pemerintah akan bertindak ??

  29. Feirra says:

    Mnurut saya,remaja yang berkualitas adalah remaja yang memiliki tingkat intelektual yg tggi dbndingkan org”dsekitar…

  30. yhu kunyuuuk says:

    aq setuju, tpi apkh pergaulan itt tidak sisi positive.nya?
    mnurut sy ad ajjh sh sisi positive tinggal kita mengambil sisi positiveny ato negativenya.
    karena jka kita mngmbl sisi positiveny maka kita tidak akn trjrumus k hal-hal yang anh, begitupun dgn yg mngmbl sisi negativenya maka yg trjd adlh kejadian” yg tdk diinginkan
    :)

  31. adeliaaa says:

    jadilah pra remaja yg pda bener..,biar negara kite nie makin majuu..ok”^.^

  32. ridho says:

    emmm,,,,, remaja… pergaulan remaja sekrang memang sngat kelewatan,,, rasa saling menghormati sudah mulai berkurang,,,
    kehidupan remaja desa lebih baik dari kota… as jwa,, meskpun bandel,v mrka masih punya tata krama,,,.
    hahahay
    wong deso…

  33. c'muvie vian says:

    sebaiknya kita harus pandai memilih teman dan pergaulan karna slah memilh teman akan berakibat fatal terhadap pergaulan kita .. ^_^

  34. edy. says:

    dari sekarang tanamkan agama di setiap anak,seorang anak kl udah th agama g akan macam2,dia akan th perbuatan yg dia buat,dan mengtahui perbuatan yg baik dan yg buruk..
    Maju terus indonesia,jdlah anak mudah yg mampu berjuang untuk bangsa bukan untuk dirix sendiri..

  35. ella says:

    wouww trnyata msa remja memang membingungkan v disisi lain sangat mnyenangkn.Thank god….

  36. mia says:

    anak jaman skrg gaul2 abiz. .tp te2p jgn lp m pesan2 ortu, guru, n tman yg baek. .
    Ep. .jgn lp jg m shlat.na

  37. nisa says:

    Jaman sekarang remaja pada banyak yg enggak bener. Alhamdullilah, Insya Allah aku juga gak bakal msuk dlm golongan mereka…. :)

    Seharusnya, masa remaja itu diisi dengan Iman yang kuat, misalnya : memperdalam agama dengan shalat, membaca Al Qur’an, belajar dan menuntut ilmu, mematuhi nasihat orang tua, carilah teman yang baik dan benar, hindarkan serta jauhi hal-hal negatif yg sudah banyak beredar di sana sini….
    ^_^

  38. says says:

    hari gni anak remja ngak gaul galauuuuuuuuuuu guys

Leave a Reply