Kesehatan Reproduksi Remaja

on January 15, 2008 in Remaja Dan Kesehatan

kesehatan remajaManakala tubuh juga mengalami transisi, maka pada masa seperti ini, remaja sangat perlu untuk benar-benar memperhatikan kondisi tubuh terutama organ reproduksi yang banyak berkembang dalam fase ini.

Anak-anak perempuan yang dulu hanya peduli untuk membersihkan organ kewanitaannya begitu saja tanpa ada permasalahan yang lain, pada masa remaja dan pubertas, organ kewanitaan anak gadis mulai mengalami perubahan.

Tumbuhnya rambut-rambut halus disekitar organ intim juga perlu diperhatikan sehingga kebersihanpun tetap terjaga, terutama setelah buang air kecil maupun buang air besar. Cara mencuci pun harus perlu diperhatikan dimana arah yang sesuai (menjauhi arah kemaluan) lebih disarankan agar bakteri dan kotoran tidak kembali bersarang.

Organ kewanitaan memang patut benar-benar dijaga kebersihannya terutama bagi yang tinggal di negara tropis semcam Indonesia. Produksi keringat membuat daerah tersebut lembab dan merupakan kondisi yang tepat untuk tumbuhnya jamur. Selain itu darah haid dan perubahan hormon juga dapat merubah ekosistem organ kewanitaan.

Bekal pengetahuan seperti ini sangat mendasar dan penting yang nantinya akan sangat berpengaruh pada perkembangan organ kewanitaan pada remaja putri.

Kebersihan organ reproduksi juga harus diperhatikan oleh remaja pria. Beberapa remaja pria tidak harus mengalami pemotongan kulit pembungkus penis pada masa kanak-kanak yang sering dikenal dengan sunatan, nah remaja pria yang memiliki organ intim seperti ini harus tetap rajin membersihan organ intimnya dengan membersihkan daerah di dalam lipatan kulit tersebut, karena apabila bagian di dalam lipatan kulit tidak dibersihkan, potensi untuk tumbuhnya jamur dan hidupnya bakteri-bakteri lain akan sangat besar.

Seringkali karena terburu-buru, para remaja pria juga tidak memperhatikan keadaan sekitar saat mereka beraktivitas. Padahal apabila salah sedikit saja dan organ intim mereka terantuk, terjepit resleting ataupun terkena benda lain dengan cukup keras, organ intim tersebut dapat mengalami cedera, pembengkakan yang akan dapat berakibat fatal dikemudian hari bahkan sampai disfungsi ereksi.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh para remaja pria dan wanita akan kesehatan reproduksi mereka. Ketidak tahuan dan kesembronoan dapat berakibat buruk bagi mereka di kemudian hari. Penyakit reproduksi tentu dapat terjangkit secara tidak sengaja hanya karena keteledoran untuk menjaga kesehatan dan kebersihannya.

Hal-hal kecil nampaknya, namun besar akibatnya. Bukan hal yang mendesak tapi ini hal yang penting, mari kita cari tahu lebuh lanjut!


Pencarian Terpopuler:

kesehatan reproduksi remaja pria, kesehatan alat reproduksi remaja, kesehatan reproduksi remaja, cara menjaga kesehatan reproduksi remaja.

2 Responses to “Kesehatan Reproduksi Remaja”

  1. rama says:

    penyakit serem… mendingan nonton film ML klo mau tau lebih jelas lagi hihihi…

Leave a Reply